Menjaga Nilai-Nilai Toleransi Umat Beragama Di Perbatasan Indonesia

Belu,SuryaKupang – Menjaga kerukunan antar pemeluk agama menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh warga negara. Kenyamanan dan kelancaran umat dalam menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut, telah diatur dalam undang-undang.

Pepatah mengatakan “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung tinggi” mengingatkan kita agar selalu menghargai setiap adat istiadat dan aturan dimana kita berada. Hal ini menjadi dasar dalam menjaga kerukunan, ketentraman, serta kenyamanan  masyarakat dalam menjalankan berbagai aktifitas.

Dalam penugasan mereka saat ini, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH bersama tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemerintahan, dan masyarakat diperbatasan terus menjalin komunikasi dan menjaga nilai-nilai toleransi umat beragama di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste tanpa memandang perbedaan.

“Kami selalu melakukan kegiatan bersama dengan tokoh agama dan masyarakat disini melalui kegiatan kerja bakti digereja, perehapan gereja serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan demi kenyamanan dan keamanan umat dalam menjalankan ibadah diwilayah perbatasan,” ungkap Lettu Inf Ari Cahyo Wibowo, komandan kompi tempur 1 Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh.

Sebagai contoh jalinan komunikasi yang baik diwilayah perbatasan terlihat saat perayaan hari ulang tahun pendirian Paroki Stella Maris Atapupu yang terletak di desa Atapupu, kecamatan Kakulukmesak, kabupaten Belu, NTT.

Ribuan umat Katholik beserta seluruh elemen masyarakat merayakan pendirian paroki yang saat ini genap berusia 136 tahun. Tak terkecuali dengan Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh yang sedang bertugas diwilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

Dipimpin oleh perwira seksi teritorial Kapten Inf Antonius berserta beberapa anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh mengikuti acara perayaan ulang tahun paroki bersama umat Katholik dan Pastor Paroki Romo Yoris Giri, Pr. Misa yang dipimpin oleh Romo Vikjen berjalan dengan lancar dan aman.

Hal ini telah menjadi komitmen semua pihak untuk mewujudkan dan selalu menjaga nilai-nilai toleransi umat beragama diperbatasan melalui berbagai kegiatan bersama yang dilakukan tanpa memandang suku, ras, dan agama.

Romo Yoris Giri, Pr selaku Pastor Paroki menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh dan semua pihak demi kelancaran acara tersebut.(Tim/Agus)

1 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment