Badan Kesbangpol Kabupaten TTU, Gelar Lomba Pidato Empat Konsensus Kehidupan Berbangsa & Bernegara

Kefa,SuryaKupang – Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Timor Tengah Utara menggelar lomba Pidato bagi siswa/i SLTA se-Kabupaten Timor Tengah Utara. Kegiatan lomba ini diikuti oleh 20 peserta lomba dari berbagai SLTA yang tersebar di kabupaten TTU.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten TTU, Drs. Joseph Kuabib, yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan generasi muda tentang sejarah, perkembangan, tantangan kekinian dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945),  Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

” Lomba yang digelar ini kiranya dapat menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme generasi muda dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara,” kata Joseph, kepada media ini, Senin ( 5/08/2019)

Ditanya terkait hasil yang diharapkan Joseph Kuabib yang juga adalah mantan Camat Miomaffo Timur mengatakan bahwa diharapkan peserta dapat memahami pentingnya memahami wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan bagi generasi muda, demi mendorong terwujudnya kehidupan yang harmonis, mengembangkan kehidupan demokrasi, menjaga persatuan kesatuan dan kerukunan nasional, serta keutuhan bangsa dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sementara itu, Archangela Zita Hardin, salah satu peserta Lomba dari SMA N 1 Kefamenanu mengatakan sangat bersyukur karena diberi kesempatan untuk menuangkan idenya tentang wawasan kebangsaan yang tertuang dalam empat pilar Kebangsaan yang dikajinya.

Archangela yang dua minggu mempersiapkan dirinya untuk lomba ini mengatakan bahwa saat ini akibat pengaruh tekhnologi membuat banyak generasi muda keluar dari karakternya sebagai anak bangsa.

“Semoga dengan kegiatan ini setiap banyak generasi muda dapat tergugah nuraninya untuk memahami lebih jauh tentang hakekat dirinya sebagai anak bangsa yang mana semuanya ada dan dijabarkan secara lengkap dalam Empat Pilar Kebangsaan,” pinta Archangela. ( Yuven Abi)

Related posts

Leave a Comment