Anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh Ringankan Beban Masyarakat Dengan Ketrampilan Tehnik Yang Dimiliki

Belu,SuryaKupang – Kurangnya pemahaman masyarakat perbatasan mengenai perkembangan teknologi saat ini, menjadikan sebuah kendala bagi masyarakat saat menemui kerusakan-kerusakan peralatan rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Peralatan elektronik hingga permesinan, saat ini banyak digunakan dalam membantu pekerjaan masyarakat.

Sersan Kepala Jumbadi bersama 3 rekannya, merupakan anggota pos Motaain PLB. Dengan pemahaman ketrampilan tehnik yang dimiliki, anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh tersebut membantu  warga dusun Motaain, desa Silawan, kecamatan Tasifeto Timur, kabupaten Belu, NTT memasang solar cell dan memperbaiki pipa saluran air, Senin (05/08/2019).

 

Pipa saluran air milik warga Silawan mengalami kebocoran pada sambungan sehingga perlu dilakukan pemotongan serta penyambungan ulang, agar distribusi air ke rumah-rumah warga tidak mengalami hambatan. Sedangkan solar cell milik warga dusun Motaain mengalami kendala pada sistem pengisian baterai. Solar cell tersebut digunakan Tono (pemilik rumah) sebagai cadangan listrik saat terjadi pemadaman.

“Masyarakat sering menemui kendala kerusakan pada peralatan elektronik dan mesin yang mereka miliki, tetapi belum mampu untuk memperbaikinya sendiri serta tidak memiliki peralatan yang memadai. Dengan sedikit ketrampilan yang kami miliki, kami mencoba membantu memperbaiki peralatan tersebut dengan tujuan meringankan beban masyarakat. Kalau masih bisa diperbaiki, kenapa harus beli baru,” ungkap Sersan Kepala Jumbadi.

Tono (42), warga dusun Motaain sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh anggota Satgas.

“Diwilayah ini memang jauh dari bengkel, masyarakat juga belum banyak yang memahami tentang ilmu elektro maupun mesin. Dengan adanya anggota satgas yang memiliki kemampuan seperti ini, kami warga perbatasan merasa sangat terbantu, bahkan kami tidak dipungut biaya sepeserpun,” tutur Tono.(Tim/Agus)

Related posts

Leave a Comment