CAMAT BIKOMI UTARA, MELANTIK DUA PENJABAT KEPALA DESA

Kefa,SuryaKupang – Camat Bikomi Utara, Simon Monemnasi, S.Fil, pada hari jumat tanggal 9 agustus 2019, atas nama Bupati TTU, melantik dua penjabat kepala desa di Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Dua Penjabat yang di lantik yakni Kepala Desa Faennake, Ambrosius Nule, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala seksi ketentraman dan ketertiban umum pada Kecamatan Bikomi Utara dan Penjabat Kepala Desa Haumeni, Primus Hun, S.Pt, yang sebelumnya sebagai kepala seksi Kesejahteraan Sosial pada Kecamatan Bikomi utara.

Untuk diketahui, Penjabat Kepala Desa Faennake, Ambrosius Nule, menggantikan Yulius Lake, S.Pd, yang telah mengajukan permohonan pengunduran diri dengan alasan telah lulus calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD), sedangkan Penjabat Kepala Desa Haumeni, Primus Hun, S.Pt, menggantikan Aloysius Naat yang telah meninggal dunia.

Kepada dua kepala desa yang digantikan Bupati Timor Tengah Utara mengucapkan limpah terima kasih atas seluruh jasa dan pengabdiannya.

Selain melantik dua penjabat kepala desa tersebut, juga dilantik ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kedua desa tersebut yakni Ny. Serafina A. Nule Siki sebagai ketua tim Pengerak PKK desa Faennake yang menggantikan Ny. Florentia Lake Kenjam, dan Ny. Widya Wulan Handayani Hun, yang menggantikan Ny. Maria Nule.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Asisten III Setda kabupaten Timor Tengah Utara, Raymundus Thal, Kadis PMD kabupaten TTU, Yuventius Kabelen, SE, Mantan Kepala Desa Faennake, Yulius Lake, S.Pd, Kapospol Napan, Komandan Brimob Napan, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Bupati TTU dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kabupaten TTU, Raymundus Thal, mengucapkan profisiat dan selamat bertugas bagi penjabat Kepala desa dan ketua tim Penggerak PKK, sambil berharap semoga dengan pelantikan ini, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan Kemasyarakatan dapat berjalan normal dan baik.

Dalam hal pengangkatan penjabat kepala desa sudah diamanatkan dalam UU Desa yang mana dikatakan bahwa, dalam hal sisa masa jabatan kepala desa yang diberhentikan, maka Bupati/walikota mengangkat PNS dari pemerintah kabupaten/kota, sebagai penjabat kepala desa sampai terpilihnya kepala desa definitif melalui musyawarah desa.

Bupati TTU menegaskan bahwa tugas, wewenang, hak dan kewajiban penjabat kepala desa sama dengan kepala desa.

“Penjabat kepala desa mengemban satu tugas khusus yakni memfasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala desa definitif,” kata Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten III Setda TTU.

Menurut Bupati, tugas ini tidak mudah karena ajang pemilihan kepala desa sangat rentan terhadap polarisasi masyarakat yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan konflik di masyarakat. Sehingga penjabat kepala desa harus dapat memfasilitasi dan mengawal seluruh proses pemilihan kepala desa secara arif dan bijaksana, agar memberikan pembelajaran politik dan demokrasi yang benar bagi masyarakat.

Jauh dari itu Bupati berharap agar tokoh masyarakat, tokoh adat dan kaum terpelajar yang ada di kedua desa dapat membantu penjabat kepala desa menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat, agar seluruh proses pemilihan kepala desa di kedua desa dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

Bupati TTU dalam ulasan yang dibacakan juga menekankan bahwa, penjabat kepala desa mempunyai peran penting dalam kedudukannya sebagai pemimpin yang paling dekat dengan masyarakat.

Sebagai pemimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, seorang penjabat kepala desa dituntut untuk bekerja sesuai asas-asas penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana diatur dalam pasal 24 UU no. 6 tahun 2014 tentang desa antara lain; keterbukaan, efektifitas dan efisiensi, kearifan lokal dan partisipatif.

Penjabat kepala desa juga diwajibkan untuk membaca dan memahami pasal demi pasal beserta peraturan pelaksanaannya dalam Peraturan Pemerintah No.43 tahun 2014 tentang desa dan Peraturan Pemerintah No.60 tahun 2014 tentang Dana Desa.

Kepada ketua tim penggerak PKK, Bupati mengingatkan bahwa tugasnya sangat penting dalam menggerakan anggota PKK yang ada agar lebih maksimal dalam menjalankan fungsinya, sehingga berbagai persoalan Kesejahteraan keluarga dapat diselesaikan. (Yuven Abi)

Related posts

Leave a Comment