Kita Telah Mengalami Kemajuan Dalam Berbagai Aspek

Kefa,SuryaKupang – Semangat dan nuansa kemerdekaan masih terasa hingga hari ini. Tanggal 17 agustus kemarin secara serentak di seluruh Indonesia larut dalam eforia Kemerdekaan. Di berbagai tempat mulai dari kota sampai ke pelosok-pelosok di seluruh tanah air, melaksanakan upacara bendera dalam rangka perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia.

Dalam upacara kemarin,  media ini mengambil kesempatan untuk meliput pelaksanaan kegiatan Upacara bendera di Kecamatan Miomaffo Timur. Sejak pagi telah terlihat para peserta upacara mulai berdatangan satu persatu, baik dalam bentuk rombongan maupun perorangan. Tampak wajah-wajah ceria menanti dengan sabar detik-detik pelaksanaan kegiatan Upacara.

Upacara bendera baru mulai dilaksanakan tepat pukul 10.00 wita. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Camat Miomaaffo Timur, Pius Kolo S.Sos, dan Komandan Upacara, Bripka Suhardi. Upacara tersebut juga dihadiri oleh dua Anggota DPRD Kab. TTU yakni Bpk Agustinus Talan S.Sos dan Bpk Yoseph Nube, Para kepala desa se-kecamatan Miomaffo Timur, Seluruh anggota BPD se-kecamatan Miomaaffo Timur, Siswa/i dari berbagai sekolah yang ada di wilayah kecamatan miomaffo timur, sedangkan pasukan pengibar Bendera ( PASKIBRA), oleh siswa/siswi SMA Negeri Taekas.

Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Sau Fernandez, S.Pt, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Camat Miomaffo Timur, Pius Kolo, S.Sos menekankan bahwa, semoga dengan HUT ke-74 proklamasi Kemerdekaan Indonesia semakin menambah semangat Nasionalisme kita, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan, melalui aksi-aksi yang bersifat inovatif dan kreatif. Proklamasi Kemerdekaan yang telah kita raih 74 tahun silam, bukan berarti bahwa perjuangan kita telah selesai. Namun ini adalah langkah awal, untuk mempertahankan dan mengisinya dengan pembangunan di berbagai bidang kehidupan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, berbagai capaian pembangunan telah kita torehkan sepanjang 74 tahun silam. Dalam tataran domestik, masyarakat dan pemerintah Kabupaten TTU, telah melaksanakan aktifitas pembangunan di berbagai bidang kehidupan dalam mengisi kemerdekaan dengan capaian positif.

Dibidang ekonomi, pertumbuhan ekonomi kita menunjukan tren positif. Berdasrkan data statistik tahun 2019, pertumbuhan ekonomi kita meningkat dari 4,42% ditahun 2012, menjadi 5,07% ditahun 2018. Indikasinya adalah meningkatnya produk domestik regional bruto, PDRB Perkapita yakni Rp.9.493.334 ditahun 2012 menjadi Rp.15.347.627 ditahun 2018.

Peiduksi tanaman pangan ditahun 2018, juga mengalami peningkatan. Peoduksi padi ditahun 2018 mencapai 38.721 ton, atau meningkat 6,2% dari produksi padi ditahun 2017. Produksi jagung 2018 mencapai 72.145 ton, atau meningkat 39,04% dari produksi jagung tahun 2017.

Dari sektor pariwisata, data statistik menunjukan adanya peningkatan jumlah pengunjung obyek wisata yang cukup signifikan yakni 6870 orang ditahun 2017, meningkat menjadi 20.779 orang sepanjang tahun 2018.

Dibidang kesehatan, usia harapan hidup mengalami peningkatan, yakni 65,45% tahun 2013, menjadi 66,45% ditahun 2018. Namun masih ada satu persoalan bidang kesehatan yakni tingginyabangka stunting.

“Saat ini seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah sedang gencar melakukan upaya percepatan penurunan angka stunting,” kata Bupati dalam sambutan tertulisnya.

Dibidang politik, kita telah sukses melaksanakan hajatan besar pesta demokrasi pada bulan april yang lalu, dengan jujur, adil, aman dan lancar. Juga ada bidang-bidang lain yang menunjukan kemajuan, yakni bidang infrastruktur yaitu, bertambahnya pembangunan jalan dan jembatan, bidang industri yakni, bertambahnya industri kecil dan menengah dan masih banyak bidang lain.

Bupati berharap, semoga dengan berbagai capaian yang telah kita raih, membangkitkan semangat dan etos kerja kita untuk terus berkarya membangun bangsa.

Sementara itu, Benfida Flora da Costa Elu, yang dipercaya untuk membawa duplikat bendera pusaka, menuturkan sangat bangga dengan kepercayaan yang diberikan.

” Jujur,saya sangat bangga dengan kepercayaan besar yang diberikan,” ungkap Flora. (Yuven Abi)

Related posts

Leave a Comment