YOHANES FUKA,S.Sos, MEMENANGI PEMILIHAN KADES SAINONI,KECAMATAN BIKOMI UTARA, KABUPATEN TTU

Kefa,SuryaKupang – Hari ini, Rabu 11 september 2019, 28 desa di kabupaten Timor Tengah Utara melaksanakan proses pemilihan Kepala Desa secara serentak.

Salah satu desa yang melaksanakan kegiatan Pilkades ini adalah desa Sainoni, yang terletak di kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU.

Pantauan media ini di lokasi pemungutan suara, sejak pagi telah terlihat antusiasme masyarakat menuju lokasi pemungutan suara yang bertempat di halaman kantor desa Sainoni.Proses pemilihan resmi dimulai tepat pukul 08.00 yang diawali dengan pengarahan singkat dari Ketua panitia, Kayetanus Kefi.

Kayetanus yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa, panitia diberi deadline waktu 1 minggu untuk menyukseskan proses pilkades. Dengan deadline waktu yang singkat ini panitia bekerja keras agar kegiatan ini bisa berhasil dengan sukses tanpa merugikan pihak tertentu. Dan sejak pendaftaran dibuka tanggal 02 september 2019 hanya ada 2 calon yang mendaftarkan diri. Kedua calon tersebut kemudian melakukan penarikan nomor urut pada tanggal 04 september 2019 dimana calon nomor urut 1 adalah Bapak Paulinus Seko, dan calon nomor urut 2 adalah Bapak Yohanes Fuka, S.Sos.

“Kedua calon ini kemudian melakukan pemaparan visi-misi pada tanggal 07 september 2019,” kata Kayetanus.

Patut diketahui bahwa jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 491 pemilih. Dari jumlah pemilih yang ada dalam DPT tersebut, yang menggunakan hak pilih sebanyak 372 pemilih. Dari jumlah tersebut, calon nomor urut 1 memperoleh 88 suara dan  calon nomor urut 2 memperoleh 283 suara. Dengan demikian maka total suara sah sebanyak 371 suara. Sedangkan Suara tidak sah  sebanyak 1 suara. Jumlah suara sah dan tidak sah 372 suara.

Dari hasil ini maka Yohanes Fuka, S.Sos dinyatakan memenangkan proses politik di desa Sainoni.

Yohanes Fuka yang ditemui setelah proses perhitungan suara mengatakan, senang sambil terharu mendapat kepercayaan yang diberikan.

” Saya saat ini masih menjabat sebagai penjabat kepala desa Banain C, tapi masyarakat di desa Sainoni memberikan kepercayaan ini kepada saya. Dan tentu ke depan saya akan berusaha merangkul semua komponen terutama dalam penyusunan RPJMDES, sehingga ke depan kita bisa menjalankan tanggungjawab ini secara baik,”ungkap Yohanes.

Sementara itu Paulinus Seko, calon nomor urut 1 yang belum berhasil mengatakan, ini demokrasi, dan setiap keputusan demokrasi itu adalah mutlak. Maka sebagai warga masyarakat yang baik saya legowo menerima hasil ini.

“Kedepan saya juga akan membantu pemerintahan yang ada demi kemajuan desa yang saya cintai,” ungkap Paulinus.

Paulinus juga mengharapkan agar ke depan kepala desa yang baru dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Karena selama ini Desa Sainoni seperti sebuah desa mati tanpa pemimpin. Maka kepala desa yang baru nanti harus bisa bekerja maksimal untuk memperbaiki berbagai hal yang masih jauh dari kemajuan.

“Saya juga berharap agar semua kalangan baik dari pihak yang memilih saya ataupun tidak dapat dirangkul semua demi kemajuan desa sainoni yang kita cintai bersama,” tegas Paulinus. (Yuven Abi)

Related posts

Leave a Comment