CLARITA MAWARNI SALEM: AJAK MASYARAKAT UNTUK PROMOSIKAN PARIWISATA INDONESIA

Kupang,SuryaKupang – Berkat penyertaan Tuhan akhirnya mimpi indah dara cantik ini berbuah manis dan menjadi kenyataan. Semuanya berkat usaha, kerja keras, kegigihan serta doa akhirnya menghantarkan Clarita Mawarni Salem mewujudkan impiannya terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019 pada 6 september lalu dengan menyisihkan 26 finalis lainnya dari seluruh Provinsi di tanah air.

Dara manis yang lebih akrab disapa “Mawar Salem” merupakan Putri Pariwisata Nusa Tenggara Timur yang berasal dari Kabupaten Timor Tengah Utara. Selain cantik, Mawar Salem juga lebih dikenal dengan kepribadiannya yang mempesona, cerdas, ramah,public speaking yang bagus juga lincah dalam memetik alat musik sasando khas NTT.

Meskipun masih muda belia, Namun Mawar Salem, luar biasa soal prestasi diantaranya sebagai duta anak pada tahun 2018, juga meraih Putri inteligensia dan putri favorit pada ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2019 lalu. Semoga prestasi yang diraihnya ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia saat ini

Dengan terpilihnya menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019, Mawar Salem diharapkan dapat mendongkrak pamor pariwisata Indonesia lebih mendunia.

Berikut simak percikan dan ide brilian Putri Pariwisata Indonesia 2019, Clarita Mawarni Salem, ketika dihubungi via whatsApp, Kamis (19/09/2019)

Bagaimana perasaan anda saat terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesia Kemarin

Yang pertama perasaan saya saat terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesisa 2019 tentunya sangatlah bangga luar biasa, karena saya baru pertama kali mengikuti ajang seperti ini dan ini memang sudah menjadi mimpi saya sejak dari kecil untuk menjadi seorang Putri Pariwisata dan puji Tuhan saya bisa menang dan saya bangga luar biasa dan sedikit tidak percaya waktu itu, tapi inilah mujizat dari Tuhan.

Kegiatan-kegiatan apa saja yang anda lakukan setelah menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019

Kegiatan- kegiatan yang dilakukan setelah menjadi Putri Pariwisata 2019 diantaranya mengikuti ivent-ivent mengenai pariwisata. Jadi Di Indonesia itu setiap bulannya itu ada ivent, festival-festival apa pun itu mengenai Pariwisata baik itu kuliner,sport ataupun wisata alam.

“Jadi saya selalu mengikuti kegiatan-kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan”, ungkap dara manis kelahiran Kefamenanu 13 Desember 2001 ini.

Hal-hal apa saja yang anda pelajari

Hal-hal yang saya pelajari tentunya sangat banyak terutama 3 hal yaitu slogan putri pariwisata “brain behavior and beauty”. Jadi yang pertama adalah tentang otak. Dengan otak kita harus cerdas menguasai pariwisata kemudian masalah-masalah umum terkait dengan pariwisata, kemudian yang kedua itu attitude. Kalau kita pintar tapi kalau attitude kita buruk itu sama saja. Jadi attitude itu adalah belajar public speaking yakni bagaimana cara berbicara dan menghadapi orang-orang besar serta menghadapi teman-teman seumuran. Kemudian yang ketiga itu adalah menjaga penampilan.

Kira-kira kendala apa yang anda hadapi, mengingat tugas yang diemban seorang Putri Pariwisata Indonesia sangatlah besar

Untuk kendalanya pasti ada tapi Karena saya telah menjadi public figure tentunya berusaha mengatasinya. Untuk kendalanya tentunya di zaman sekarang ini kita mau mengajak orang-orang untuk ikut berpartisipasi sangatlah susah. Jadi butuh usaha yang lebih keras untuk mempengaruhi masyarakat untuk membantu mengembangkan pariwisata.

Bagaimana cara anda mempromosikan pariwisata Indonesia

Pada saat ini kita sedang mengembangkan digital tourisem, dimana berdasarkan data turis di Indonesia adalah kaum remaja sehingga gampang sekali mengajak mereka mempromosikan pariwisata melalui media sosial karena para remaja orang yang gampang dipengaruhi sehingga pada saat saya mengupload foto-foto mengenai pariwisata maka para remaja yang sering traveling di Indonesia akan tertarik kemudian mereka akan datang untuk berlibur.

“Jadi menurut saya itu adalah cara yang paling tepat, efisien dan gampang saat ini untuk dilakukan,” jelas Mawar.

Apa rencana dan program-program anda kedepan sebagai seorang Putri Pariwisata Indonesia.

Kita akan pergi ke setiap provinsi yang pertama kita akan mengikuti festifal dan acara-acara besar mengenai pariwisata yang ada di Indonesia.

“Dalam waktu dekat ini saya sebagai Putri Pariwisata Indonesia akan menagajak Putri Pariwisata Medan, kita akan pergi ke Provinsi Bangka Belitung untuk mempromosikan Pariwisata di Medan. Begitu dan seterusnya secara bergantian untuk seluruh Provinsi di Indonesia,” ungkap Clarita.

Khusus untuk pariwisata NTT, apa rencana dan program dari anda mengingat Pemprov NTT menetapkan Pariwisata sebagai Primover Pembangunan NTT.

Tentu saja ada. Semenjak saya terpilih menjadi Putri Pariwisata NTT, saya sudah memiliki program dan telah  dijalankan salah satunya waktu itu adalah mengadakan pembersihan di gua Kristal. Kemudian program selanjutnya kedepan untuk program yang lebih besa kita akan mengelilingi NTT, mempromosikan NTT dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama di pedalaman karena isu saat ini Provinsi NTT memiliki potensi pariwisata yang luar biasa tapi sayangnya masyarakatnya belum mengetahui bagaimana caranya mengembangkannya dan bagaimana cara menjadi host yang baik.

“Nah, inilah tugas saya dibantu dengan dengan rekan tim yang lain, kita akan mengelilingi NTT dan melakukan sosialisasi sekaligus juga untuk mempromosikan destinasi pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Apa pesan dan kesan anda sebagai Putri Pariwisata Indonesia

Kesan saya, terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019 merupakan anugerah yang luar biasa dan saya percaya ini kesempatan dari Tuhan kepada saya untuk mengembangkan diri saya sendiri dan terlebih lagi mengembangkan pariwisata Indonesia.

Pesan saya yakni mengiginkan masyarakat Indonesia sadar bahwa kita memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dan pariwisata itu memiliki dampak yang begitu besar untuk ekonomi Indonesia. Saya ingin sekali masyarakat Itu menjadi host yang baik untuk para wisatawan. Karena seringkali masyarakat Indonesia sering mengganggu kenyamanan turis. Banyak turis yang datang tapi diganggu ada yang ditipu, dicuri. Jadi hal inilah kadang yang membuat pamor Indonesia jelek dimata dunia. Maka penting sekali untuk masyarakat Indonesia tahu bahwa pariwisata merupakan “Primover” seperti apa yang telah dikatakan Bapak Gubernur NTT bahwa Pariwisata itu adalah penyumbang devisa terbesar.

“Saya ingin masyarakat Indonesia siapapun itu baik remaja maupun orang dewasa untuk mewujudkan 7 sapta pesona yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan kemudian membantu mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media sosial yang dimiliki,” tegas Mawar.

Kira-kira siapakah sosok yang paling berpengaruh mendukung anda hingga saat ini

Yang Pertama adalah Tuhan, tanpa seijin Tuhan kegiatan saya tidak mungkin berjalan dengan lancar. Kemudian kedua orangtua saya yang selalu mendukung, memberi suport dalam segala hal, selalu mengingatkan saya tentang baik buruknya dan selalu menguatkan saya disaat saya sedang down dan ditimpa masalah. Tidak lupa juga kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah mendukung saya serta yayasan El Jhon Pageants yang telah memberikan wadah dan gelar bagi saya sehingga saya memiliki link yang lebih besar untuk mempromosikan destinasi pariwisata NTT. Kemudian Tidak lupa juga untuk seluruh keluarga,kakak-kakak, tim-tim dibelakang  dan mentor yang telah membantu saya sampai saat ini masih memberikan nasehat, support dan mengingatkan saya walaupun mereka semua ada di NTT dan saya di Jakarta. (Agus Kefi)

 

 

Related posts

Leave a Comment