Untung Ada Babinsa Nyaris Gunung Babia Terbakar

SoE,SuryaKupang- Jumat,(20/09/2019) sekitar pukul 16.35 wita Hamparan Gunung Babia yang berada di wilayah Desa Putun  kecamatan  Nunkolo Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi NTT.

Hal ini disampaikan Babinsa  Serda Basso Pajung kepada wartawan usai memadamkan kobaran api.

Pajung menuturkan bahwa  saat  dirinya melintasi wilayah babia terlihat asap dan kobaran api menyelimuti Gunung Babia,lalu Pajung menelepon rekan kerja Babinsa Serda Januario Dacosta untuk datang di TKP dan menghubungi Babinkamtibmas serta masyarakat setempat untuk ramai-ramai menghentikan api agar tidak meluas.

Tindakan yg dilakukan Babinsa  untuk memadamkan api tidak sia-sia walaupun hanya   dengan sarana seadanya yakni menggunakan batang Daun dan kayu tetapi karena kerjasam yang solid antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang didukung masyarakat membuahkan hasil yang baik dan apai dapat dipadamkan pada pukul 16.38 wita.

Kerugian akibat kebakaran tersebut seluas 300 m2 lahan tidur terbakar.

Dandim 1621/TTS Letkol Czi.Koerniawan Pramulyo saat dimintai keterangan via telepon selular kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut ,dan dirinya sudah memerintahkan seluruh jajaran Koramil untuk terus  siaga dalam menghadapi bencana kebakaran karena dalam bulan terakhir ini sudah terjadi persitiwa yang sama di beberapa titik wilayah  Kabupaten Timor Tengah selatan ini.

Masih menurut Koerniawan dalam waktu dekat  rencananya akan membentuk tim siaga bencana dengan melibatkan Komunita Trail Tracker Soe (T2S) sebagai satuan Reaksi cepat mengingat kendaraan yang dimiliki para pecinta Trail tersebut mampu menembus semua medan sehingga dapat mempercepat proses pemadaman api dan evakuasi,” pungkas Koerniawan. (Tim/AK)

Related posts

Leave a Comment