Eusebius Binsasi, Positif Ikut Berkompetisi Pada Pilkalda TTU Mendatang

Kefa,SuryaKupang – Gong suksesi pemilihan Kepala daerah di kabupaten TTU sebentar lagi akan ditabuh. Partai-partai politik yang memiliki kursi di DPRD TTU mulai membuka pendaftaran penerimaan calon Kepala Daerah yang ingin ikut dalam kontestasi pemilukada tersebut. Madia masapun tak ketinggalan, mulai gencar melakukan promosi calon yang maju dalam perhelatan akbar tersebut. Tak jarang banyak para netizen mulai memprediksi pasangan-pasabgan calon yang akan berkompetisi dalam ajang lima tahunan tersebut. Semua ini dilakukan dalam kerangka mengangkat atau mendongkrak popularitas calon ke hadapan publik.

Salah satu calon yang akhir-akhir ini disebut-sebut banyak kalangan adalah seorang Putra TTU dari Miomaffo Timur (Tunbaba), bernama Eusebius Binsasi. Eusebius dianggap akan menjadi penantang serius bagi para politisi yang siap berkiprah dalam pesta rakyat tersebut. Sosok yang penuh kharisma ini adalah mantan birokrat yang telah menyelesaikan tugas birokrasinya dengan jabatan terakhirnya sebagai Dirjen Bimas Katolik, Kementrian Agama Republik Indonesia.

Ditemui media ini di Jabalmart Expresso Cafe pada senin 23 September 2019 kemarin, Eusebius Binsasi yang dalam keseharian disapa dengan Pa Eus ini mengatakan bahwa, dasar pembangunan telah diletakkan oleh para pemimpin terdahulu.

“Sebagai anak daerah ini saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh pemimpin-pemimpin terdahulu. Sehingga motivasi saya adalah menata yang sudah dibuat agar menjadi lebih baik untuk kepentingan masyarakat kita,” kata Eus.

Terkait Partai politik yang siap mendukung, Binsasi, mengatakan, memang selama ini sebagai seorang profesional yang juga mantan birokrat, dia tidak memiliki partai.

“Sebagai orang profesional yang juga mantan birokrat, saya sadar bahwa selama ini saya tidak berpartai. Karena sebagai birokrat harus berada di semua golongan. Tidak boleh beraviliasi dengan partai tertentu. Tapi saya tetap berkeyakinan bahwa psti ada partai yang siap mendukung,” ungkap Eusebius.

Patut diketahui bahwa Eusebius Binsasi juga telah mendaftarkan diri di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai salah satu bakal calon Bupati.

“Saya saat ini terus melakukan komunikasi dengan partai-partai lain seperti Partai Gerindra, Golkar, Hanura Demokrat dan Perindo untuk memperoleh dukungan. Tapi karena partai-partai ini belum membuat panitia seleksi bakal calon maka saya masih menunggu. Tapi saya akan terus membangun komunikasi,” demikian Eusebius mengakhiri obrolannya.

Di tempat terpisah, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten TTU, Kristoforus Haki mengatakan, Eusebius Binsasi adalah salah satu tokoh kebanggaan daerah ini. Saya mengenal beliau sebagai sosok yang rendah hati dan bisa menjawab kebutuhan masyarakat di daerah ini.

Sebagai mantan pejabat di level nasional Kristo menilai Eusebius Binsasi telah menembus banyak sekat, dan jaringannya telah tercipta dengan sangat luar biasa. Tentu pengalaman-pengalaman beliau menjadi tolak ukur bagi kita untuk mengukur Pa Eus dalam kancah perpolitikan di TTU.

Ditanya soal pendamping yang tepat untuk disandingkan dengan Pa Eus, Haki mengatakan, siapapun dia, yang penting bisa bersinergi dan punya kesamaan konsep dan pandangan dalam membangun daerah ini. Karena jika ada kesamaan konsep dan persepsi maka keharmonisan akan tetap tercipta sampai masa tugas kepemimpinan selesai. Ini yang kita harapkan, urai Kristo.

“Sebagai kader partai jika diberi mandat partai dirinya siap untuk disandingkan dengan Pa Eus. Namun tentu ini juga harus dikomunikasikan dengan partai lain. Karena Gerindra sendiri hanya memiliki 3 kursi di DPR. Maka kita juga pasti harus berkoalisi untuk mengusung calon. Keputusan koalisi inilah yang harus kita hargai, tutup Kristo. (Yuven Abi)

Related posts

Leave a Comment