DIPERLUKAN POSTUR TNI IDEAL YANG DIBANGUN SESUAI KEBIJAKAN PERTAHANAN NEGARA

Kupang,SuryaKupang – Upacara gabungan dalam rangka HUT ke 74 Tentara Nasional Indonesia Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa sebagai inspektur upacara yang berlangsung di lapangan Upacara Mako Lantamal VII Kupang, Sabtu, (05/10/2019)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danlantamal VII Kupang menyatakan bahwa perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, membawa dampak disruptif di berbagai bidang menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 s.d 2019.

Diakhir amanatnya Panglima TNI memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya perkokoh iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri, tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.

Selesai upacara dilanjutkan dengan Demontrasi Bela Diri Yong Modo oleh perwakilan prajurit TNI 3 (tiga) matra, dan defile, sebagai Komandan Defile Kasi Ops Lanud El Tari Letkol Pas Yohanes Moses serta pemotongan Tumpeng oleh Kasrem 161/WS, Danlantamal VII dan Danlanud Eltari yang diberikan kepada prajurit berprestasi. Komandan upacara Letkol Marinir Imam.S yang jabatan sehari-hari sebagai Danyon Marhanlan VII Kupang, sedangkan Perwira upacara Mayor marinir Heri Mulyanto.

Pengucap Sapta Marga dari 3 (tiga) matra, TNI AD Lettu Inf Andri Suhendar, TNI AL Letda Laut (K) Christiono Yulianto dan dari TNI AU Lettu Kal Danlius Dinowaimbo, dalam upacara HUT ke 74 TNI dianugrahkan tanda jasa kepada TNI AD: Serda Suwanto (SL XVI TH), TNI AL : Serka Mes Yohanes Malibere (Bintang Jalasena Nalarya) dan TNI AU: Praka Almasutriadi (SL VIII TH).

Pasukan upacara terdiri dari Satsik Gabungan TNI, Lambang-Lambang Kesatuan (TNI AD, TNI AL, TNI AU), Kompi Pamen/Pama Gab TNI), TNI AD (Korem 161 WS, Brigif 21 Komodo, Brigif 21 Komodo),TNI AL (Lantamal VII & Yonmarhanlan VII). TNI AU (Lanud Eltari dan Paskhas, Polri (Polda NTT, Brimob & Polairud), PNS TNI, Menwa & FKPPI.

Dalam rangka HUT ke 74 TNI dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantara Kerja Bakti yaitu pembersihan sampah-sampah di sungai Liliba. Donor darah dengan peserta pendonor berjumlah 438 orang dengan rincian, Gol A = 130 kantong, Gol B = 126 kantong, Gol AB = 28 kantong, Gol O = 154 kantong, kegiatan pasar murah dan pembagian sembako kepada 250 KK yang kurang mampu, Baksos Kesehatan, Anjangsana ke Purnawirawan dan Wakawuri, Ziarah Nasional ke taman makam Pahlawan Dharmaloka, Pameran alutsista TNI pada tgl 27 & 28 September pameran senjata, kendaraan, logistik, lomba Baris berbaris tingkat SMP serta Jalan sehat dan senam zumba diikuti oleh elemen masyarakat, keluarga besar TNI dan Forkopimda.

Masih dalam rangkaian HUT ke 74 TNI pada tanggal 7 Oktober 2019 nanti akan dilaksanakan penanaman bibit Mangrove serentak di 3 lokasi yaitu mataram, Maumere, Rote dan Kupang. Bibit mangrove yang disediakan oleh Lantamal VII kupang sebanyak 4500 bibit, Lanal Mataram 1300 bibit Lanal Maumere 1000 dan Lanal Rote 1000 total berjumlah 7800 bibit mangrove.

Pejabat yang hadir dalam Upacara tersebut : Kapolda NTT, Komandan Lantamal VII, Kabinda NTT, Komandan Lanud El Tari, Kasrem 161/Ws, Wadan Lantamal VII, Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Para Kasi Korem 161/Ws, Para Kadis Lanud El Tari, Dan Brigif 21/Komodo, Danlanal Maumere, Danlanal Pulau Rote, Danyonmarhanlan VII, Danlanudal Kupang, Dirpolairud Polda NTT, Kasat Brimobda NTT, Kapolresta Kupang, Kapolres Kupang, Kakansar Kupang, GM Pelindo III Cab. Kupang, Para Ka Bank se-Kota Kupang, Ketua DPRD Pro NTT, Ketua DPRD Kab.Kupang, Ketua FKPPI Kupang, Para Forkopimda Prov. NTT, Toga & Toma Prov NTT, Ibu-ibu Persit KCK Korcab Rem 161, Ibu-ibu Jalasenastri Korcab VII, Ibu-ibu Pia Ardhya Garini, serta para Purnawirawan TNI.(Dispenlantamal VII/AK)

Related posts

Leave a Comment