Ada Yang Unik Dalam Peringatan HUT TNI Ke-74 Kodim 1621/TTS

SoE,SuryaKupang – Pada Sabtu (5/10/2019) pukul 08.15 wita, bertempat di lapangan upacara Makodim 1621/TTS telah berlangsung upacara dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-74 tahun 2019.

Sebanyak 400 orang peserta upacara memadati lapang yang letaknya di bagian paling depan satuan militer tersebut.

Sejumlah tokoh dan pimpinan daerah turut hadir dalam acara tahunan ini antara lain Bupati TTS, Kajari TTS, Ketua Pengadilan Agama TTS, WakaPolres TTS, Kadis Parawisata TTS, Kaban Dispenda TTS, Kadispora TTS, Para Perwira Polres TTS, Kasiops Pol PP TTS, Para Veteran, Ibu Ketua Persit KCK Cabang XX Dim 1621, Pimpinan BUMN, Para Direktur BUMD, Pelajar, serta Segenap Tokoh Agama, Tokoh Adat lainnya.

Bertindak selaku Inspektur upacara Dandim 1621/TTS Letkol Czi.Koerniawan Pramulyo, sedangkan yang menjadi petugas Perwira Upacara adalah Perwira seksi personalia Kapten Cba.Istamarjadi S .Sos. Sebagai Komandan Upacara dipercayakan kepada Pjs.Pasiter Lettu Inf I Komang Wenten dan yang mendapat kehormatan sebagai Pengucap Sapta Marga adalah Koptu Junedi Kase seorang tamtama yang tugas kesehariannya sebagai staf operasi Kodim 1621.

Dalam serangkaian kegiatan upacara tersebut Kodim 1621 menerjunkan 1 kelompok Bintara PDU IV, 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) Militer Kodim, tak ketinggalan 1 SST Polres TTS turut memperkuat pelaksanaan upacara yang sakral ini, 1 SST Pol PP TTS dan 1 SST PNS Kodim 1621/TTS juga mewarnai khidmatnya upacara kebesaran militer ini.

Selain itu 1 SST Pramuka MTS Al Ikhlas Soe,1 SST SMA Karya SoE, 1 SST Pramuka Saka Wira Kartika ,1 SST Casis Catam menjadi pelengkap kemeriahan hari jadi TNI tersebut.

Panglima TNI Marsekal Hadi Cahyanto
dalam amanatnya yang dibacakan oleh Dandim 1621/TTS mengajak kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada untuk memperkokoh nilai – nilai iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap prajurit di harapkan untuk meningkatkan soliditas TNI, sekalu berpegang teguh kepada nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Masih menurut Panglima bahwa setiap prajurit wajib meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.
Dalam situasi saat ini perlunya prajurit untuk menyikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah dan menjadi agen perubahan yang positif.

Lanjut dikatakan mantan KASAU ini bahwa setiap prajurit harus menjalani setiap tugas secara ikhlas karena tugas kita ini semata-mata untuk kepentingan bangsa dan Negara tercinta.

Di akhir amanatnya Panglima TNI juga mengucapkan turut berbelasungkawa kepada Prajurit TNI yang gugur dalam melaksanakan tugas Negara.

Pada pukul 08.30 Wita, Upacara dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-74 berakhir dengan tertib.

Di sesi acara tambahan untuk menghibur para tamu undangan di tampilkan atraksi Taekwondo binaan Kodim 1621 dibawah asuhan Serda Ike Arkian Babinsa Koramil 1621-03/Mollo Utara.

Tak ketinggalan tarian khas Papua yakni Tarian Sajojo turut menjadi bagian hiburan yang tak kalah meriahnya, apalagi di tampilkan oleh Ibu- ibu Persit yang cukup piawai dan lemah gemulai.

Ny.Sovi paramita Kurniawan selaku ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XX memimpin langsung hiburan penutup HUT TNI di Kota dingin Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan ini.

Sebagai akhir puncak kegiatan dilakukan syukuran pemotongan tumpeng sebagai simbol penghargaan bagi prajurit yang akan memasuki masa pensiun dan nasi kuning yang dihiasi lauk pauk ini di berikan kepada Peltu Ricardo Dacosta.(Tim/AK).

Related posts

Leave a Comment