Tunda Penetapan APBD Tahun 2020, DPRD TTS Ajak Masyarakat Beri Penilaian

SoE,SuryaKupang – Pimpinan DPRD TTS bentuk Banmus untuk sahkan APBD Tahun 2020

Inisiatif tersebut harus diambil oleh DPRD TTS karena Penetapan APBD tidak berhasil dieksekusi di tahun 2019 lalu, akibat dari kesalahan komunikasi antara Pemda dan DPRD.

DPRD minta rakyat untuk menilai kedua lembaga ini, ulah siapa perihal kisruh APBD TTS tahun 2020.

“Silahkan rakyat menilai sudah, Pemda atau DPRD yang salah,” kata Ketua Fraksi Nasdem Heba Babys

Sidang Paripurna dalam rangka penetapan APBD dimaksud sudah dijadwalkan pelaksanaannya Tanggal 23 Desember 2019 sesuai dengan yang telah diagendakan namun terpaksa harus ditunda penetapannya karena Bupati Epi Tahun bersama jajarannya tidak menghadiri rapat dimaksud.

Pasalnya, bupati mengaku bahwa dirinya bersama jajaran ASN di TTS sudah libur sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan untuk seluruh ASN.

Sikap Bupati tersebut berdampak buruk kepada kepentingan masyarakat. 1,6 Triliun APBD TTS yang mestinya difungsikan untuk kepentingan rakyat kandaslah sudah. Sesuai aturan UU 23 Tahun 2014 bahwa sanksi terhadap lambatnya penetapan APBD adalah DAK dan DAU akan dipotong 20% dan jika dikonversi sekitar 300 Miliard.

“Ini kan merugikan rakyat. Harusnya, ini adalah momen bagi bupati untuk mengeksekusi programnya melalui pembahasan anggaran supaya bisa dieksekusi, ini justru kebalikannya,” tutur Babys

Oleh karenanya DPRD Fraksi Nasdem dan Fraksi PKPI sesalkan tindakan tersebut.

Kepada pers Ketua Badan Musyawarah DPRD Heba Babys menyatakan bahwa lembaga DPRD sudah siap terima resiko akibat kesalahan ini.

“Pada prinsipnya Kita siap terima resiko dari kesalahan ini,” ungkapnya kepada suryakupang.com di kantor DPRD (6/1/2020)

Hal senada datang dari Ketua Komisi I Uksam Selan, S.IP, M.Si terkait persoalan ini. Namun Kami Fraksi PKPI tidak terima sanksi akibat kelalaian penetapan

Banmus mengatakan bahwa sikap bupati bisa saja ditindak oleh DPRD.

Sekiranya ego sektoral tidak ditonjolkan.
“Ibaratnya sama seperti kapal titanic yang tenggelam dan masing-masing cari selamat, ini menunjukkan bahwa Bupati tidak menunjukkan sikap pemimpin yang bijak. Ini hanya mau tunjukkan ego saja,” tambahnya

DPRD memberi ruang yang luas kepada rakyat dalam hal ini semua ormas untuk mempertanyakan ada apa dibalik semua persoalan ini.(Frans Tallan)

7,205 total views, 5 views today

Related posts

Leave a Comment