Cinta Kasih Adalah Dasar Hidup Komunitas Keluarga Hati Kudus Yesus Maria Yosef (KHKYMY) Dalam Melayani

Kefa,SuryaKupang – Dengan mendasarkan hidup pada segala hukum kasih Allah, yang tertulis dalam Kitab Suci, maka pada tanggal 21 Juni 2016 Komunitas Keluarga Hati Kudus Yesus Maria Yosef (KHKYMY) mulai berkarya di Pulau Timor tepatnya di Insana (Oeliurai) Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komunitas Keluarga Hati Kudus Yesus Maria Yosef ( KHKYMY) menyatakan pengabdian diri kepada Gereja Kristen Katolik yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik, untuk turut serta mengambil bagian dalam tugas perutusan Injil Yesus Kristus kepada sesama umat manusia di seluruh muka bumi dengan motto hidup ” Kasih Menjadikan Segalanya Sempurna.”

Demikian yang disampaikan Ketua Rayon Komunitas Hati Kudus Yesus Maria Yosef (KHKYMY) Insana (Oeliurai), Johanes H.Naitkakin, kepada media ini, Senin (13/01/2020).

Johanes menuturkan, KHKYMY adalah persekutuan saudara dan saudari seiman yang dirintis oleh Calestinho Martins dan Lucia Viana Das Dores bersama kawan-kawan dalam kekuatan doa di bawah pendampingan seorang Imam Tuhan di Timor-Atambua pada tanggal 30 Desember 2011, dengan mendasarkan hidup pada Firman Allah yang tertulis dalam Kitab Suci, dan membangun iman di dalam dan melalui Gereja Kristen Katolik yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik.

“Setelah melewati pergumulan panjang, KHKYMY mulai hadir dan aktif dalam kegiatannya di bawah kendali Rm.Antonius Kapitan, Pr tertanggal 21 Juni 2016,” tandas Jhon.

 

Lanjutnya, Komunitas Keluarga Hati Kudus Yesus Maria Yosef, sungguh menghargai perbedaan dan keragaman yang ada dengan lebih mengutamakan nilai cinta Kasih Allah di atas segala sesuatu.

KHKYMY merupakan benih kehidupan dari surga yang ditanam, tumbuh hidup serta berkembang di dalam dan melalui Gereja Kristen Katolik yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik.

Oleh karena itu, Komunitas Keluarga Hati Kudus Yesus Maria Yosef adalah salah satu kekayaan Rohani Gereja Kristen Katolik yang juga ikut serta mengambil bagian dalam tugas pewartaan Injil Yesus Kristus kepada sesama umat manusia di seluruh dunia dan karya penyelamatan umat manusia oleh Gereja.

Selanjutnya, “Terang Kristus Bercahaya di Tengah Dunia dan Hati yang Penuh Cinta pada Firman Allah berkobar dalam Pelayanan,” kata Naitkakin, merupakan visi KHKYMY dalam memberikan pelayanannya.

Sedangkan Misi KHKYMY, diantaranya meneguhkan iman umat dan memajukan pendidikan kasih dan moral kristen Katolik dalam kehidupan keluarga-keluarga Kristiani, membangun iman generasi muda Kristen Katolik yang bermutu di tengah perkembangan zaman, menanamkan dan memajukan semangat hidup doa dalam keluarga seturut semangat hidup Keluarga Hati Kudus Yesus Maria Yosef dan meningkatkan kesejahteraan hidup bersama melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan keterampilan hidup dalam segala aspek kehidupan.

Selain itu juga KHKYMY, lanjut Jhon, memilik 7 hikmah hidup, diantaranya; 1. Mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi. 2. Mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri. 3. Mencintai dan memelihara alam semesta dengan segenap hikmah kebijaksanaan Ilahi. 4.Menjadi anggota keluarga yang rajin berdoa, belajar dan giat bekerja. 5. Senantiasa manaati suara hati. 6. Tidak memperbudak dan diperbudak. 7. Serta Berpikir, berkata dan bertingkahlaku berdasarkan Firman Allah yang tertulis dalam Kitab Suci. ( Agus Kefi)

5,654 total views, 2 views today

Related posts

Leave a Comment