Kunker Ke TTU, Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat Memantau Wilayah Pengembangan Ekowisata Oeluan

Kefa,SK – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat sejak kemarin selasa 11 februari 2020 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten TTU.

Pada hari ini 12 januari 2020, setelah selesai melakukan tatap muka dengan pimpinan OPD, para kepala desa dan ASN lingkup pemerintah kabupaten TTU di aula bale Biinmaffo Kefamenanu, Gubernur Laiskodat melanjutkan kunkernya dengan memantau wilayah pengembangan ekowisata di kawasan hutan produksi Laub Tunbesi, desa Bijeli dusun Oeluan kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara.

Kawasan hutan produksi yang kini telah disulap menjadi salah satu destinasi wisata baru yang berdekatan dengan lokasi kolam wisata oeluan ini, menyajikan pemandangan alam menakjubkan dengan kesegaran udara yang sangat asri.

Gubernur Viktor yang ditemui wartawan disela-sela kunjungan ini menuturkan kawasan hutan tersebut perlu direhabilitasi dan dijaga sehingga hutannya tetap terjaga dan air yang keluar dari kawasan hutan ini dapat dimanfaatkan oleh rakyat bagi pengembangan usaha pertanian masyarakat.

“Setelah saya melihat air di kawasan hutan ini, saya langsung menginstruksikan agar air ini diatur dengan baik sehingga selain untuk lokasi wisata juga bisa dialirkan sampai kawasan pertanian masyarakat,” Kata Viktor.

Viktor juga mengharapkan agar ada koordinasi lintas sektor agar selain pengembangan sektor pariwisata berjalan baik, sektor pertanian masyarakat pun tidak diabaikan.

“Saya arahkan agar jangan ada yang terabaikan. Sektor pariwisata harus berjalan dengan baik tapi jangan lupa bahwa air ini juga harus dikonsentrasikan sampai kawasan pertanian masyarakat,” lanjut Laiskodat.

Gubernur Laiskodat juga mengharapkan agar semua masyarakat membantu menjaga kawasan hutan ini dengan baik demi keberlangsungan hidup masyarakat sendiri.

Sementara itu, Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Sau Fernandez yang turut mendampingi Gubernur Viktor saat diwawancarai mengatakan mendukung apa yang telah digagas oleh Gubernur.

Bupati Raymundus mengatakan juga bahwa akan berkoordinasi dengan instansi terkait baik Dinas Pariwisata, Kehutanan maupaun Pertanian agar penataan wilayah hutan ini menjadi tanggungjawab bersama, sehingga masyarakat bisa menikmati secara keseluruhan baik dari segi wisata maupun usaha pertanian.

Pantauan media ini, dilokasi tersebut dibangun rumah panggung 3 unit, spot foto, dan tracking sepeda dan sebuah panggung serbaguna yang akan dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. (YA)

19,705 total views, 8 views today

Related posts

Leave a Comment