PT.TWIN Kerjasama dengan Distan Provinsi NTT Buat Demplot Percontohan Jagung Hibrida di Oeteta Kabupaten Kupang

Kupang,SK – PT.Tunas Widji Inti Nayottama (TWIN) Agribusiness Company Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Distan) Provinsi NTT membuat demplot jagung hibrida di Oeteta, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selain mengedukasi para petani untuk bercocok tanam berbasis teknologi, demplot seluas 6 hektar yang berlokasi di Oeteta ini juga dijadikan sebagai lahan percontohan untuk mempromosikan ragam varietas jagung hibrida berkualitas dari PT.TWIN yang belum diketahui masyarakat.

Ragam varietas jagung hibrida yang ditawarkan oleh PT.TWIN diantaranya RK 45, JH 37, NASA 29, RK 457, RK 58 dan JH 45.

Demikian hal ini disampaikan Perwakilan PT.TWIN NTT, Kristoforus Puan Wawin, SH kepada media ini, Senin (24/02/20).

“Seperti Gorontalo yang identik dengan jagung, kita juga punya visi besar yakni ingin mewujudkan NTT sebagai Provinsi Jagung. Kalau sebut NTT maka pasti identik dengan jagung. Dan itu adalah visi besar kita” ungkap Kristoforus yang biasa disapa Ito ini.

Lanjutnya, demplot jagung hibrida ini memanfaatkan lahan seluas 6 hektar, mulai tanam Januari kemarin dan rencana bulan April mendatang sudah mulai panen raya dan menurut rencana Bapak Presiden akan hadir pada saat panen raya.

Dikatakan, demplot ini juga untuk memberikan metode penyuluhan di lahan percontohan sekaligus juga sebagai praktek bercocok tanam yang benar kepada para petani dengan ragam varietas unggul jagung hibrida yang pasti hasilnya meningkat dibandingkan dari sebelumnya.

Menurut Ito, dengan cara membuat lahan percontohan ini para petani bisa melihat langsung dan mengetahui kelebihan dan keunggulan dari ragam varietas jagung hibrida yang ditawarkan oleh PT.TWIN.

Untuk diketahui, demplot jagung hibrida di Oeteta Kabupaten Kupang ini digarap oleh Kelompok Tani Nekamese. Demplot ini sebagai ajang untuk mempromosikan varietas jagung hibrida juga sebagai implementasi untuk mewujudkan NTT sebagai Provinsi penghasil jagung.

“Kita mau NTT seperti Provinsi Gorontalo yang identik dengan provinsi Jagung. Jadi ini visi terbesar kita kedepannya untuk mewujudkan NTT sebagai provinsi Jagung. Sebut NTT maka pasti identik dengan jagung,” kata Ito sekali lagi.

“Karena demplot ini yang pertama, kita berharap agar demplot ini bisa tersebar di seluruh Kabupaten di Provinsi NTT,” sambungnya.

 

Dirinya berharap agar pemerintah daerah untuk lebih peduli lagi dalam mengawal anggaran khususnya anggaran benih jagung sehingga pada akhirnya provinsi jagung yang dicita-citakan bisa terwujud tapi selama ini yang diterima itu hanya berupa hibah bantuan benih jagung saja.

Lanjutnya, kedepannya bila nanti ada anggaran dari Pemerintah Daerah khususnya untuk tender benih jagung maka PT.TWIN bersedia untuk menyuplai ragam varietas jagung hibrida berkualitas.

“Mau varietas yang mana, butuh benih berapa hektar PT.TWIN siap untuk suplay,” tutupnya. (Agus Kefi)

9,218 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment