Siapkan Diri Hadapi UN, Siswa Kelas XII SMA Katolik Giovanni Kupang Ikut Simulasi UNBK

Kupang,SK – Siswa-siswi kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovanni Kupang mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berlangsung selama 2 hari dari tanggal 24 hinggga 25 Februari 2020 dengan menggunakan 3 ruangan labarotorium komputer berkapasitas 40 orang per ruangan dibagi dalam beberapa sesion yang diawasi oleh 4 orang proktor dan 2 orang teknisi.

Romo Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang, Rm.Drs.Stefanus Mau, Pr mengatakan, pelaksanaan UNBK sangat membantu siswa-siswi untuk mengenal perangkat dan sistem operasinya. Selain itu juga lebih membantu siswa-siswi untuk mempersiapkan mentalnya menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Pelaksanaan UNBK bertujuan untuk meningkatkan kualitas, mutu tamatan dan dengan itu siswa-siswi lebih mempersiapkan diri dengan cara belajar yang lebih serius,” kata Romo Stef, ketika dihubungi via whatsapp, Selasa (25/02/20)

Lanjut Romo, dengan UNBK siswa-siswi tidak lagi mengharapkan bocoran kunci jawaban seperti yang terjadi tahun-tahun kemarin.

“Kita berharap mutu lulusan betul competen dalam pengetahuan, skill dan karakter/perilaku,” pintanya.

Sementara itu Proktor Utama sekaligus Help Desk Kota Kupang, Patrisius Kofi, SE mengatakan untuk simulasi UNBK ini ada 3 model soal test yang diberikan kepada para siswa.

“Di hari pertama simulasi mata pelajaran Bahasa Inggris sedangkan hari kedua itu simulasi untuk mata pelajaran pilihan sesuai jurusan baik itu bahasa, IPS dan IPA yang dikerjakan siswa selama 60 menit,” sebut Patris.

Kemudian test berikutnya, soal tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang wajib diikuti oleh peserta ujian kemudian juga Angket yang wajib diisi oleh seluruh peserta dan sifatnya wajib.

“Karena baru tahun ini diadakan, jadi simulasi dihari kedua lebih kepada pengenalan siswa dan guru terhadap AKM karena rencananya UN tahun depan sudah tidak ada dan akan diganti dengan AKM sehingga pengenalannya dimulai dari sekarang,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya simulasi ini ketika menghadapi UNBK nanti1 para peserta lebih tenang dan mengikuti semua tahapan hingga selesai.(Agus Kefi)

9,322 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment